Sabtu, 20 Januari 2018

MIIP_NHW#1_MEMAHAMI GOOGLE DOCUMEN & GOOGLE CLASSROOM

Aliran Rasa Memahami Google Classroom bersama IIP  (Dokumen Pribadi)


Assalamu’alaikum wr wb.

Alhamdulillah saya bersyukur dapat bergabung di kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) batch 5 wilayah Sulawesi. Sebelum mengikuti kegiatan kelas secara online, terlebih dahulu Bunda Maria Ulfah sebagai Fasilitator kami mengajarkan materi tentang Google Documen dan Google Classroom. Tujuan Bunda Maria Ulfah mengajarkan kedua aplikasi tersebut kepada kami agar saat mengikuti kelas matrikulasi para peserta tidak mengalami kendala dalam pengerjaan tugas Nice Home Work (NHW). Simpel, hanya menggunakan smartphone kita bisa mengerjakan NHW. Jadi peserta bukan menjadikan NHW sebagai “momok” dalam proses pembelajaran akibat terkendala fasilitas. Sebagai bunda pembelajar yuk mari kita tingkatkan kompetensi diri dengan melek teknologi.

Kedua aplikasi tersebut baru pertama kali saya pergunakan. Ternyata penggunaan Google Documen sama persis ketika kita menggunakan Microsoft Word, malah lebih praktis karena tulisan yang sedang kerjakan otomatis tersimpan tanpa tidak perlu tekan save. Jadi tidak khawatir hilang begitu saja pekerjaan kita. Selain itu bisa dipergunakan pada mode offline atau tidak tersambung dengan jaringan internet. Kehadiran aplikasi Google Documen tentu sangat memudahkan saya nantinya dalam pengerjaan tugas Nice Home Work (NHW) yang rutin setiap minggunya.       
      
Untuk aplikasi Google Classroom (GC)  diibaratkan seperti ruang kelas berbasis online yang menghubungkan antara guru dan murid. Penggunaan Google Classroom sangat efektif untuk mengurangi penggunaan kertas, meningkatkan efisiensi dalam pengerjaan tugas dan diharapkan murid disiplin dalam mengerjakan tiap tugas. Saya menilai GC memberikan pelajaran baru bagi saya yaitu mengoptimalkan penggunaan perangkat smartphone saya.

Tampilan Google Classroom MIIP Batch 5 Sulawesi 1 (Dokumen Pribadi)


Panduan penggunaan Google Classroom
  1. Kita wajib mempunyai akun gmail untuk mendaftar di google classroom
  2. Download aplikasi “Google Classroom” via Playstore untuk android dan Appstore untuk perangkat berbasis iOs
  3. Setelah terinstall di smartphone, Sign in Google Classroom menggunakan akun gmail kita. Selanjutnya akun gmail kita akan terhubung dengan Google Classroom
  4. Untuk menggunakan Google Classroom, murid perlu menunggu kode kelas dari guru/fasilitator kelas atau mendapat undangan bergabung di kelas via email
  5. Tampilan dari Google Classroom terdiri dari aliran (ruang interaksi antara guru dan murid), teman sekelas dan tentang
  6. Untuk mengerjakan tugas, buka side bar lalu klik To Do dan pilih sesuai judul tugas yang akan dikerjakan
  7. Selanjutnya kita dapat melampirkan tugas tersebut dan pastikan sesuai dengan judul tugas, lalu tekan Turn In maka tugas akan otomatis disetorkan. Tiap peserta dapat mengerjakan NHW di google documen ataupun blog berupa link pada GC agar guru bisa membaca tugas tersebut.
  8. Apabila tugas berhasil disetorkan maka daftar To Do akan berganti ke daftar list Done.
  9. Alhamdulillah selesai tugas berhasil disetorkan

Nah otomatis penggunaan Google Classroom akan sangat memudahkan guru/fasilitator dalam memantau dan mereview tiap tugas dari para peserta tanpa harus mondar mandir ke berbagai aplikasi. Murid/ peserta juga menjadi sangat terbantu dalam pengumpulan tugas jadi lebih simpel.

Sekian aliran rasa saya tentang Google Classroom, semoga kedepannya saya semakin bersemangat belajar dan memberdayakan diri.

Wassalamu’alaikum wr wb

                                                                                             With love,

                                                                                       Puput


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Ibu

  Perempuan memiliki fitrah untuk menjadi seorang ibu, tapi saya sendiri pun menyadari bahwa saya terlahir pada generasi perempuan yang tida...